Senin, 16 Desember 2013

Contoh resensi buku



 
Papaku Mamaku Dokterku

Oleh:
 Asti Norma
(120200521)
STIKES Alma Ata
Yogyakarta




IDENTITAS BUKU

Judul buku      : Menjadi Dokter Pribadi Bagi Anak Kita
Penulis             : Triloka H. Putri dan Badiul Hasniah
Penerbit           : Katahati, Yoyakarta
Editor              : Rose Kusumaningratri
Cetakan           : Cetakan 1, November 2009
Tebal                : 212 Halaman,
Ukuran            : 14x21 cm
ISBN               : 978-979-25-4638-5



            Triloka H. Putri adalah seorang penulis berbagai buku kesehatan, begitu pula dengan Badiul Hasniah yang berbagai buku hasil pemikirannya dapat menjadi panduan kita mengenai kesehatan. Oleh karenanya, tak diragukan lagi jika Triloka H. Putri dan Badiul Hasniah berhasil melakukan kolaborasi cantik dengan menulis buku berjudul Menjadi Dokter Pribadi bagi Anak Kita yang didesain khas sehingga sangat cocok bagi para orangtua yang mengalami kesulitan dalam mencari penyebab dan mengatasi berbagai macam permasalahan (penyakit) yang dialami buah hatinya.
            Seperti yang diungkapkan redaksi, pengetahuan tentang berbagai macam penyakit dan cara-cara pecegahan serta pengobatannya sangat diperlukan orangtua, karena kesalahan dalam pemberian penanganan dapat merugikan atau membahayakan anak. Misalnya, ketika anak mengalami kesulitan makan, maka orangtua harus bisa mencari penyebab hal tesebut. Bayi yang sering menolak makan kemungkinan disebabkan karena pemberian  makanan pendamping yang terlalu cepat atau terlambat dari usia yang dianjurkan. Faktor lainnya, orangtua mungkin kurang variatif dalam menyajikan menu makanan, atau dapat pula disebabkan oleh berbagai faktor lainnya.
            Berawal dari pentingnya pengetahuan tersebut, buku ini hadir untuk memberi pengetahuan dan solusi bagi orangtua mengenai berbagai penyakit yang sering diderita anak. Tak hanya itu, orangtua juga dapat mengetahui berbagai penyebab penyakit dan cara-cara penaggulangannya.
            Hal utama yang dibahas dalam buku ini adalah mengenai permasalahan yang sering diderita oleh bayi. Seperti yang terdapat pada bab 19 halaman 113 mengenai muntah pada bayi, bab 21 halaman 123 tentang biang keringat bayi, atau tentang bayi rewel yang dibahas pada bab 25 halaman 147.
            Melalui buku Menjadi Dokter Pribadi bagi Anak Kita pula, orang tua dapat mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit melalui pemberian ASI eksklusif yang sering tidak disadari manfaatnya. Beberapa manfaat yang dikemukakan dalam buku ini mengenai ASI eksklusif adalah:
membantu melindungi bayi dari diare, mencegah infeksi telinga, mencegah SIDS atau sindrom kematian tiba-tiba pada bayi, dan masih banyak lagi manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi yang akan anda dapatkan setelah membaca buku ini.
            Bagian akhir dalam buku ini memuat bab-bab yang berisi tentang berbagai jenis penyakit yang sering diderita mulai dari ibu hamil, ibu menyusui, bayi, hingga balita, dan jenis penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang jarang dikenali tetapi ditimbulkan oleh perlakuan hidup yang kurang sehat  dalam kehidupan sehari-hari yang seringkali tidak disadari. Demam Kelenjar (Glandular fever), sebagai contohnya. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena kurang teliti dalam mencuci tangan, dan penggunaan alat makan yang sama dengan orang lain atau ketika berganti jenis makanan.
            Buku ini ditutup dengan lampiran-lampiran berisi pengetahuan penting terutama bagi ibu hamil dan menyusui serta bagi pembaca secara umum. Pokok bahasan yang terdapat pada lampiran dalam buku ini adalah tentang air kencing yang tampak tidak normal (halaman 197), ASI eksklusif (halaman 199), dan komponen makanan sehat (halaman 207).
            Dibanding dengan buku-buku tentang penyakit pada anak lainnya, buku ini lebih menarik dan kompleks, karena buku ini tidak hanya membahas tentang penyakit pada anak dan cara-cara pengobatannya saja, tetapi juga tentang berbagai gangguan kesehatan pada ibu hamil dan menyusui, serta komponen makanan sehat yang dibutuhkan semua orang.
            Bagi pembaca yang belum memiliki anak, kehadiran buku ini diibaratkan kata pepatah 'sedia payung sebelum hujan'. Buku ini dapat dijadikan antisipasi bagi anda agar tidak kewalahan dalam mengatasi berbagai macam penyakit pada anak anda nantinya. Sedangkan bagi para orangtua, anda bisa berpedoman pada buku ini dalam merawat dan menjaga kesehatan buah hati,  sehingga anda dapat menyaksikan setiap detik-detik beharga dalam tumbuh kembang buah hati anda.
            Di balik kekompleksannya, buku ini disusun dengan kalimat-kalimat yang singkat dan banyak menggunakan kata-kata ilmiah, sehingga terkadang sulit dimengerti bagi orang tua yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang kesehatan. Tata urutan penyajian materi dalam buku ini juga belum sisematis. Seharusnya, pembahasan materi dapat diurutkan berdasarkan pokok bahasan pada tiap babnya, misalnya, pada bab-bab awal membahas tentang penyakit pada bayi, kemudian bab-bab selanjutnya membahas tentang penyakit pada anak-anak, begitu seterusnya. Selain itu jenis-jenis obat yang dianjurkan tidak disertai gambar, hal ini memungkinkan adanya perbedaan antara jenis obat yang dimaksud dalam buku ini dengan obat yang ditemui atau dijual di apotek.
            Dengan membaca buku ini, masalah-masalah mengenai penyakit buah hati tak perlu lagi dirisaukan karena andalah dokter pribadinya yang sesungguhnya. Andapun tak perlu lagi pergi ke dokter malam hari ketika anak anda sakit karena anda sudah tau bagaimana cara mengatasinya sendiri. Namun, yang patut menjadi petanyaaan kita saat ini adalah: 'Mampukah kita menjadi dokter pribadi kebanggaan buah hati kita?' Buku ini memberi jawaban "YA" bagi anda yang membacanya. Buktikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar